//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

23 March 2016

Kue Sus


Menaklukan kue sus ternyata tidak sesulit menaklukan sponge cake. Meski diakui dengan pedenya bahwa sponge cake perdana saia sukses dengan sangat mulus. Tanpa loyang bongkar pasang dan tentu saja resep seadanya. Mau liat resep perdana sponge cakenya? klik disini aja ya.



Cukup makan waktu lama menyiapkan mental untuk membuat kue sus ini. Setiap kali bahan-bahan terpenuhi, selalu aja mundur. Ow! gak kalah deg degan kayak wawancara kerja pertama loh. hehe...


Kue sus perdana ini dicomot dari indiriani.com dengan sedikit penambahan dan pengurangan setelah melakukan pencarian dan pertimbangan dari beberapa resep yang lain. Mencari resep tersimpel baik dari bahan maupun cara. Hm,... bagaimana? tergelitik mencoba? ok, yuk kita simak pembuatan kue sus perdana di dapur saya

Kue Sus Perdana lembut dan bikin ketagihan :

Bahan :
Kulit :
1. Air 250 ml
2. Margarin 120 gr, saia pake forvita
3. Terigu 150 gr, pake gelas ± 1½
4. Telur 4 butir


Isi :
1. Susu UHT 650 ml. (saia ganti dengan susu kental manis dicampur air)
2. Tepung Maizena 50 gr
3. Gula 150 gr
4. Vanili cair sedikit saja, (optional)
5. Mentega/margarin 1 sdm
6. Garam secukupnya.
7. Kuning telur 2 butir


Cara buat :
Kulit :
1. Rebus air dan mentega hingga mendidih.
2. Masukan tepung terigu sekaligus, aduk hingga tidak menempel di panci.
3. Dinginkan.
4. Aduk dengan mixer kecepatan rendah sampai menjadi butir-butir
5. Masukan telur dan kocok hingga adonan lembut.

6. Masukan adonan kedalam piping bag, saia gak pakek cetakan. Jadi langsung di semprot ke loyang.

Untuk menjadi perhatian saya dan tips kedepan, jangan sampai semprotan membentuk lubang. Khawatir saat diisi fla, fla bisa jadi keluar. Maka dari itu, yang nggak punya piping bag, menggunakan sendok saja sudah cukup. Ok, sekarang adonan kulit siap di panggang.

Sambil menunggu kulitnya mengering dan kuning kita buat fla nya ya....

Cara buat fla :
1. Bagi 2 susu cair. Campurkan satu bagian dengan telur, aduk rata.
2. Campurkan tepung maizena kedalam campuran susu dan telur. Tujuannya agar fla tidak menggumpal ketika dimasak.
3. Panaskan sisa susu dengan gula, garam dan vanili. Jika sudah mendidih baru masukan campuran susu, kuning telur dan mentega. Tunggu hingga adonan meletup-letup, angkat dan dinginkan.

Ok, gampangkan?
Kebetulan, proses kue sus perdana ini berhasil. Dari kutipan beberapa resep, ada yang bilang kalau adonan kulit tidak bisa mengembang ketika di panggang. Ini dikarenakan saat mencampurkan terigu tidak sekaligus atau rebusan air dan mentega kurang mendidih. Karena saya kemarin berhasil, berarti prosesnya sudah benar ya... adonan kulit mengembang cantik. Hanya saja beberapa kulit tanpak bolong dibagian bawah.



Untuk mengisi fla, saya menggunakan piping bag lagi agar fla tidak berceceran kemana-mana. Kulit bisa diiris dengan pisau atau digunting. Isinya beneran bolong. Haha... ini yang menjadi pertanyaan saya sebelumnya.. apakah adonan harus dikeluarkan isinya sebagian supaya fla bisa masuk? Ternyata oh ternyata! jujur saia senang sekali mendapati bagian dalam kulit bolong. Yep, kulit sus siap diisi.




0 comments:

Post a Comment